essays monster

Punya Budget Lebih Untuk 5 Hal Ini Nggak Bikin Kamu Boros Mengelola Uang Dengan Benar!

agar tidak boros

firefriend-“Kamu benar-benar boros, membeli album penyanyi idola hingga ratusan ribu, apa yang kamu lakukan?
“Pergi setiap bulan, boros, ingatlah untuk menabung”
Nah ,Pernahkah Anda berada di posisi seperti itu. bisa dibilang boros, padahal menurut Anda itu adalah hal yang “alami”, sebagai bentuk harga diri atas kerja keras yang telah Anda lakukan selama ini. Dan itu hanya untuk menyenangkan diri sendiri.

Menurut saya, boros dalam kategori self-pleasure atau harga diri adalah hal yang wajar. Selama kita masih mampu melakukannya tanpa mengganggu orang lain dan tentunya kita bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Tingkat pemborosan setiap individu tentunya berbeda-beda, tergantung pada kondisi keuangan dan kemampuan untuk mewujudkan semua yang kamu diinginkan. Meski terkesan membuang-buang uang, 5 kategori pemborosan ini tidak akan membuatmu menyesal. Tentu ini akan membuat Anda kaya dan berkembang.
Iklan

1. Ikut seminar atau workshop

Meskipun ada seminar, lokakarya, atau bahkan webinar gratis, Tetapi masih seringkali ada yang berbayar. Untuk berpartisipasi dalam webinar yang telah diselenggarakan oleh perusahaan atau komunitas tertentu, kita perlu mengorbankan beberapa ratus ribu uang. Beberapa orang menganggap ini mahal, dan hanya membuang-buang uang.
Meskipun kita bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari sumber lain secara gratis, manfaat yang kita dapatkan dari mengikuti webinar ini akan jauh lebih istimewa.

Ini dapat merampingkan bisnis Anda, meningkatkan hubungan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, untuk membantu kami membuatnya lebih mudah untuk mencapai impian kami. Agar lebih pas dengan biaya yang kita korbankan, pastikan kita mengikuti webinar, seminar, atau workshop sesuai dengan tujuan yang ingin kita dapatkan.

2. Segera Lakukan liburan secara berkala

Sangat Senang bukan kalau Kita bisa liburan keliling Indonesia hingga ke luar negeri sekali pun dengan uang yang sudah kita kumpulkan dan kita miliki selama ini .Kalau Kita Membuat diri kita sendiri senang tidak ada salahnya jika kamu melakukan liburan setiap bulan atau setiap tahun .
Sesuaikan dahulu uang yang kita punya.

Jika Kamu melakukan ini selain dari sekedar membuat pikiran kamu jernih maka jalan-jalan biasa juga mampu membuat kamu menemukan pengalaman yang tentu berkesan .menurut jurnal ilmiah yang telah diterbitkan tahun 2014 oleh Cornell University berkata bahwa rasa bahagia yang kita dapat saat traveling bisa lebih besar dibandingkan saat mendapatkan barang impian.

3. Jangan ragu untuk membeli barang impian

Setiap Orang pasti sangat menginginkan barang impian . Ya Tentunya Walaupun harganya cukup mahal, tetapi tidak masalah jika kamu bisa membelinya . Anggap lah barang yang kamu impikan itu adalah sebuah hadiah atas diri kamu sendiri dan atas kerja keras kamu yang terbaik selama ini . Misalnya, kamu beli tiket konser atau album tentang idola kamu.

Pasti ada saja yang akan berkata kamu boros dan tidak memikirkan masa depan .Tetapi kalau kamu tidak menyulitkan orang lain dan mampu membelinya maka lakukan saja. Seseorang pasti tidak akan mengatahui bahwa usaha kamu menabung selama ini hanya untuk membeli barang impian kamu . Nah , Ketika kamu siap untuk membeli dan memilikinya maka
langsung saja mewujudkan impianmu

4. Membeli barang untuk modal atau untuk investasi

Dan Selain untuk membeli barang impian ,mempunyai barang berbeda yang tentunya untuk pekerjaan usaha,bisnis atau memang hobi tentu tidak masalah .Semisalnya, Kamu Bisa membeli suatu barang untuk memudahkan kamu dalam pekerjaanmu atau dalam bisnis , atau membeli sesuatu yang dapat mengasah hobi mu. Harus selalu kamu pastikan barang apa yang kamu beli ,itu memang benar berguna untuk meningkatkan skill hingga menghasilkan uang. Walaupun kamu harus mengorbankan jutaan uang tabungan kamu untuk barang tersebut, ini tidak akan membuatmu menyesal.

5. Berbagi atau berdonasi

“Hidupmu tentu masih saja susah, karena keadaan ekonomi sulit, nggak usah sok bantuin orang lain, jangan boros!”
Sering nggak kamu mendengarkan ucapan seperti itu? Tetapi, di sisi lain, pernahkah kamu mendengar kalimat
“Berbagi dengan orang lain itu bukan berarti kita kaya, tetapi kita bisa merasakan susah yang orang lain rasakan jika tidak mempunyai apa-apa”

Rasa simpati ini yang mendorong seseorang untuk terus berbagi. Memang kita akan terlihat boros karena membeli banyak barang yang akan dibagikan kepada orang lain. Tetapi, jika kamu mampu melakukannya dan anpa menyulitkan diri kamu sendiri ke depannya, lakukanlah saja.
Hemat atau Boros bagi setiap individu tidaklah sama. Semuanya tergantung dari berbagai hal, mulai dari kondisi finansial, kebutuhan, tujuan, dan dampak positif bagi dirinya sendiri atau bagi orang lain.

Baca Juga :5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis.

Exit mobile version